Tips & Trik Membangun Karir Dari Nol Hingga Berhasil ala Bill Gates, Warren Buffet dan Amazon.com

Posted by Eric Kanadi on

1. Ikuti Passion Anda

Anda dapat bekerja dikantor dengan penghasilan cukup, namun tidak ada gregetnya. Mengapa? Sering kali bekerja bukan berdasarkan passion. Bekerja sesuai bakat dan talenta kita akan jauh lebih menyenangkan - bukan berarti bekerja tanpa masalah dan tantangan. Lemari es dapat digunakan sebagai lemari baju, namun fungsi pendinginya tidak akan muncul secara maksimal. Jika kita memaksana diri untuk bekerja diluar passion, maka hasilnya tidak maksimal. Warren Buffet adalah orang yang ahli dalam bidang angka. Dia hanya bermain di area investasi yang betul-betul dia pahami. Jika Warren Buffet berkarir dalam membuat design baju, maka hasilnya pasti tidak maksimal. Steve Jobs, pemilik dari perusahaan Apple pernah berkata: "People with passion can change the world" Apakah Anda sudah mengikuti passion Anda? Apakah Anda sudah tahu apa passionmu? Jika Anda tidak tahu passionmu, coba tuliskan 5 bakat yang Anda miliki. Coba minta teman terdekat Anda untuk menuliskan 5 kelebihan dari diri Anda. Setelah menemukan bakat dan kelebihan Anda, coba berkarir di area tersebut!

2. Gunakan Bakat Anda Untuk Menyelesaikan Permasalahan Orang Lain

Bisnis adalah membantu orang lain dengan imbalan uang. Semakin banyak kita membantu orang lain, semakin besar imbalan uang yang kita dapat. Bagaimana kita membantu orang lain? Dengan memberikan solusi untuk permasalahan mereka. Gunakan passion atau bakat yang Anda miliki untuk membantu orang lain. Contoh: "Jika Anda memiliki passion dalam menari, jangan hanya menari selamanya didalam kamar Anda. Gunakan passion menari Anda untuk menghibur dan menginspirasi orang lain. Penari dapat mengikuti event pesta atau kompetisi menari untuk menghibur dan menginspirasi orang lain. Bukan hanya itu, penari tersebut juga dapat membuat tutorial di Youtube "Bagaimana Cara Menari Dengan Professional" dan menolong banyak orang yang juga ingin belajar menari." Apakah Anda sudah menggunakan bakatmu untuk menolong orang lain? Atau Anda hanya menyembunyikan bakat Anda didalam gelap untuk diri Anda sendiri? Saatnya tunjukan diri Anda pada dunia! "Show to the world who you are" - Eric Kanadi

3. Pura-Pura Tuli

Pura-pura tuli? Ya betul! Tidak selalu pura-pura tuli, namun ada kalanya kita harus pura-pura tuli! Ada 3 tipe orang dalam hidup ini: dream maker, dream killer dan dream hatter. Dream maker adalah orang-orang ambisius yang suka melihat orang lain berhasil. Dream maker akan senang membantu orang lain untuk berhasil, menguatkan orang tersebut dan tidak meruntuhkan cita-citanya. Dream hater dan dream killer adalah orang-orang yang tidak suka melihat orang lain berhasil. Orang ini suka menggosip dan membicarakan kejelekan orang lain. Jika dream hater dan dream killer bertemu atau melihat orang lain yang sedang membangun karirnya, makan mereka akan berusaha membicarakan yang negatif tentang karirnya dan tida senang melihat orang tersebut berhasil. Saat kita memulai bergerak meraih cita-cita kita, pasti ada banyak "comment negatif" dari orang-orang sekitar. Bisa dari orang terdekat, bisa dari orang yang jauh. Dream hater atau dream killer bisa bicara negatif langsung ke diri Anda atau bisa juga bicara dibelakang Anda tentang betapa payahnya diri Anda. Apa yang bisa Anda lakukan? Pura-pura tuli dan terus maju kedepan! Jangan dengarkan suara-suara negatif dari orang sekitar tentang karir dan diri Anda. Tetap fokus, dan melangkah kedepan! "Keep moving forward" - Walt Disney

4. Minta Bantuan Dari Orang Lain

Bersatu ktia teguh, bercerai kita runtuh. Seperti kata-kata dalam film Avengers: "Together we stand, divided we fall" Sebagai seorang entrepreneur, susah untuk melakukan semuanya sendiri. Kita butuh bantuan orang lain, kita butuh masukan orang lain. Jika Anda sedang memulai berbisnis dan membutuhkan bantuan dalam mengambil keputusan, cobalah minta masukan positif dari orang-orang sekitar. Tentunya minta pendapat dari para DREAM MAKER, dan bukan DREAM HATER atau DREAM KILLER! Sesungguhnya, modal awal yang kita butuhkan bukanlah uang. Ya, uang memang penting! Namun apa gunanya uang jika kita tahu tahu cara mengelolanya? Minta bantuan dari orang lain, namun bukan uangnya. Minta bantuan dari orang lain untuk memberikan nasihatnya, pengalamanya, hikmatnya dan koneksinya.

5. Lakukan Langkah Pertama

Mobil tidak dapat bergerak kekanan atau kekiri jika dalam posisi tidak bergerak. Setelah mobil digas berjalan secara perlahan, mobil tersebut baru bisa digerakan setirnya kekanan dan kekiri. Anda tidak harus tahu 1000 langkah untuk bisnis Anda. Jalani langkah demi langkah - step by step! Jika Anda berusaha menuliskan langkah 1 hingga langkah 1000, maka selamanya Anda tidak akan berjalan. Mulai ambil langkah pertama, lalu langkah kedua. Ambil langkah dengan mantap dan penuh perhitungan, bukan modal nekad saja. Faith is taking the first step even when you don't see the whole staircase - "Martin Luther King, Jr"

6. Gambar Diri Yang Benar (Positive Self-Image)

"For as he thinketh in his heart, so is he" - King Solomon Banyak orang memiliki gambar diri yang negatif tentang dirinya. Eric sering melihat orang bertatto dengan tulisan "Born to Lose" atau "Dilahirkan Untuk Menjadi Pecundang!" Hasilnya? Kehidupan orang tersebut penuh dengan kekalahan dan menjadi pecundang. Gambar diri yang sehat sangatlah penting untuk menjadi berhasil. Mulai lihat diri Anda secara positif. Lihat diri Anda sebagai pemenang. Lihat diri Anda sebagai orang yang sangat berhasil dalam karir atau bisnis Anda. *Tips: Bagi orang yang susah untuk melihat diri secara positif, mulai tuliskan kelebihan dari diri Anda hari demi hari. Jangan perfectionist! Sadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Terima diri Anda apa adanya dan mulai berpikir positif tentang diri Anda.

7. Mentor/ Role Model

Temukan mentor atau role model yang dapat Anda contoh. Pelajari karakter-karakter apa yang dimiliki oleh orang tersebut sehingga ia dapat berhasil. Eric cukup salut dengan Bill Gates dan Warren Buffet. Mereka adalah orang yang fokus, bijaksana, tegas dan suka berbuat kebaikan. Eric tidak pernah bertemu dengan Bill Gates ataupun Warren Buffet, namun Eric dapat mempelajari melalui video-videonya yang ada di Youtube, Facebook ataupun Instagram. Hati-hati! Banyak orang mempunyai role model yang buruk dalam hidupnya. Mungkin orang tersebut mencontoh dari aktor film yang tidak baik atau teman yang negatif. Banyak orang-orang sukses mempunyai role model. Role model membantu Anda untuk tetap fokus pada karir dan tujuan Anda. Sudahkah Anda mempunyai role model? Apakah 3 karakter positif yang bisa Anda pelajari dari mereka?

8. Olahraga

Olahraga bukan hanya membuat tubuh Anda sehat, namun pikiran Anda akan lebih fokus dan tajam dalam berpikir kritis. Mulai dari Mark Zuckerberg, Jeff Bezos hingga Richard Brandson adalah orang-orang kaya dunia yang rajin berolahraga. Olahraga dipagi hari mempersiapkan mental Anda untuk hari tersebut. Ingat! Sama seperti mobil, butuh dipanaskan sebelum dipakai. Kitapun juga butuh pemanasan sebelum memulai pekerjaan kita. Jika bangun tidur langsung membuka email dan membalas whatsapp pelanggan, maka otak kita tidak diberi kesempatan untuk pemanasan. Hasilnya? Kita tidak dapat memberikan yang terbaik untuk pekerjaan kita. Tidak semua orang kaya didunia ini rajin berolahraga. Namun, untuk apa jika kita kaya-raya dengan tubuh yang tidak sehat? Ayo mulai biasakan diri Anda untuk rajin berolahraga!

9. Perkataan Positif

Mulutmu, Harimaumu. Penilitian di Jepang menunjukan bahwa ketika air diexposed dengan perkataan-perkataan positif, maka partikel-partikel air tersebut akan membentuk strukture yang indah. Namun, jika diexposed dengan perkataan negatif, maka partikel-partikel air tersebut akan rusak dan pecah. Berikut contohnya: Bagaimana Anda berkata-kata 1 minggu terakhir dalam hidup Anda? Apakah perkataan positif yang muncul dari mulu Anda? atau perkataan negatif yang selalu keluar? Ingat! Jika air dapat membentuk partikel-partikel indah bila mendengar perkataan positif, maka hidup kitapun akan indah bila berkata-kata positif. 70% dari tubuh kita adalah air, jadi berhati-hatilah dalam berkata-kata! Ubah kata-katamu, ubah hidupmu.

10. Jangan Pernah Menyerah

Merasa stuck dan jatuh dalam karir Anda? Jangan menyerah! Lihat video dibawah ini sampai selesai dan lakukan hal yang sama!
 

11. Berbuat baik dengan orang lain

Apa yang kamu tabur, itu yang akan kamu tuai. Jika kita menabur kebaikan, maka kita akan menuai kebaikan. Orang-orang besar seperti Bill Gates dan Warren Buffet adalah orang-orang yang suka menolong. Mereka berdua mendonasikan sebagian besar dari harta mereka untuk amal. Bukan hanya memberi uang,  mereka tidak pelit dalam memberikan ilmu, pengalaman dan kunci-kunci kesuksesan ke orang lain. Hasilnya? Banyak billionaire-billionaire dunia yang dilahirkan dari mereka! Kapan terakhir kali Anda berbuat suatu kebaikan untuk orang lain? Apakah ada orang-orang sekitarmu yang membutuhkan bantuan Anda? Ingat! Bisnis adalah membantu orang lain dengan imbalan uang. Orang yang paling banyak mempunyai uang adalah orang yang paling banyak membantu orang lain.

12. Jangan takut ditolak dan takut gagal. Yakin dan Mantap!

Hal yang paling sering ditakuti oleh pembisnis start-up adalah takut gagal dan takut ditolak. Apabila kita takut-takut, maka kita tidak dapat memberikan hasil maksimal. Setiap keputusan bisnis yang kita ambil, harus MANTAP. Tidak ragu-ragu, tidak bimbang, tidak takut-takut. "Bagaimana kalau gagal? Bagaimana kalau saya mengambil keputusan yang salah?" Sekali lagi berpikir positif sangatlah penting! YAKIN bahwa keputusan yang Anda ambil adalah keputusan yang tepat. Jika ternyata salah, Andapun bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan. Dari kesalahan-kesalahan yang Anda buat, Anda akan terus belajar dan belajar sehingga menjadi seorang yang bijaksana dalam mengambil keputusan. Namun jika Anda tidak pernah mengambil keputusan, bagaimana Anda dapat belajar? Jangan ragu-ragu. Jangan takut dan jangan bimbang. Lakukan dengan MANTAP, YAKIN dan TEPAT!

13. Lipatgandakan Kekuatan

Apa kekuatan terbesar dalam bisnis Anda? Apa kelebihan dari diri Anda yang paling menonjol? Sering kali kelemahan, tantangan dan permasalahan membuat kita lupa akan kelebihan dan kekuatan yang kita miliki dalam diri kita maupun bisnis kita. Banyak orang yang terlalu fokus pada kelemahan dan kekuranganya. Banyak orang tidak ingat lagi akan kelebihan dan kekuatanya. Kita memang tidak bisa menghiraukan kelemahan dan kekurangan kita. Namun jangan lupa juga untuk terus melatih bakat spesial dan kekuatan yang ada pada bisnis kita.

14. Manfaatkan Badai

Jangan melawan badai, namun manfaatkan kekuatan badai! Dalam berbisnis, banyak orang yang berdarah-darah berusaha melawan badai. Namun, lebih baik kita memanfaatkan kekuatan badai tersebut! Contoh: Di Indonesia, ada puluhan ribu minimarket seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi. Jika Anda bersaing bisnis dengan membuka minimarket-minimarket seperti mereka, maka bisnis Anda bisa berdarah-darah. Apa yang bisa kita lakukan? Manfaatkan kekuatan badai tersebut! Lebih baik berbisnis dengan memproduksi suatu produk yang bisa laris manis di minimarket tersebut. Misalkan Anda memproduksi snack rumput laut, maka produk Anda dapat masuk ke puluhan ribu minimarket di Indonesia dan berkembang dengan cepat! Apa badai-badai yang ada dalam dunia pekerjaan Anda? Bagaimana Anda bisa terbang memanfaatkan kekuatan badai tersebut?

15. Jangan remehkan orang lain. Jangan remehkan diri Anda.

Jika kita meremehkan orang lain, maka kita tidak dapat melihat potensi dan bakat yang ada didalam orang tersebut. Siapa tahu, bakat dan talenta tersembunyi mereka dapat menolong kehidupan Anda? Jangan remehkan diri Anda sendiri. Orang lain bisa meremehkan Anda, namun jangan biarkan diri Anda menjadi minder. Seperti apapun kondisi Anda saat ini, Anda mempunyai bakat-bakat tersembunyi dalam diri Anda. Gali bakat tersebut dan tunjukan kepada dunia siapa diri Anda yang sebenarnya. Siapa tahu, bakat dan talenta ada dapat menjadi kunci pertolongan bagi banyak orang?

16. Sabar

Jangan ingin cepat kaya! Orang yang bernafsu kaya saja sudah perlu waspada. Apa lagi orang yang bernafsu ingin CEPAT KAYA! Dalam bisnis tidak ada sesuatu yang instant. Bisnis bukanlah judi yang dalam seketika Anda mendapat uang milliaran rupiah! Bisnis kita perlu dibangun langkah demi langkah, hari demi hari. Seperti bermain notasi musik, didalam bisnispun ada iramanya. Jika terburu-buru, maka bukan hanya banyak mengambil keputusan yang salah namun Andapun tidak bisa menikmati perjalanan bisnis Anda. Ikuti irama perjalanan bisnis Anda. Ingat! Yang menang bukanlah yang tercepat. Percuma jika kita ngebut maksimal, namun menuju tujuan yang bukan seharusnya. Lebih baik perlahan-lahan dan bergerak dengan TEPAT!

17. Bertahan

Mungkin bisnis Anda sedang menghadapi masa-masa susah. Mungkin omset penjualan Anda menurun drastis. Jangan terburu-buru ditutup, namun BERTAHAN seperti video anak diatas! Bertahan dan menangkan pertandingan karir Anda!

18. Pelajari hal baru

"Keep learning, keep growing" Masih banyak hal-hal yang tidak kita ketahui. Masih banyak ilmu-ilmu yang belum ditemukan. Jangan pernah merasa sudah tahu segalanya. Jangan pernah merasa tidak butuh ilmu-ilmu baru. Selalu posisikan diri kita sebagai murid yang mau belajar. Ingat! Jangan pernah merasa SUDAH TAHU, namun jadilah orang yang MAU TAHU!

19. Mundur 1 langkah, maju 2 langkah

Perjuangan kita dalam bisnis lebih baik jangan dipaksakan. Jika kita sudah berusaha sekeras mungkin, namun tidak ada hasilnya, ada baiknya untuk mundur 1 langkah dan berhenti sejenak. Ambil waktu istirahat, ambil waktu rekreasi, ambil waktu tenang. Temukan penyebab utama dari permasalahan, atur ulang strategi dan buat perencanaan yang lebih matang. Mungkin ada sesuatu yang kita lewatkan. Bisa jadi ada hal-hal sekecil debu yang menyebabkan bisnis kita kebocoran. Jangan terus membabi buta tabrak terus kedepan. Take one step backward, two step forward!

20. Amal

"The more you give, the more you receive" Bila bisnis kita sudah mulai berjalan dan menghasilkan uang, jangan lupa untuk berbagi. Orang-orang kaya duniapun berkata semakin banyak mereka mendonasikan uang, semakin banyak keajaiban-keajaiban yang mereka alami dalam bisnis mereka. Mulai sisihkan sebagian dari uang Anda untuk orang lain. Bagikan sebagian keuntungan Anda untuk orang-orang yang membutuhkan. Ingat! Berdonasi bukan untuk sombong-sombongan atau gagah-gagahan, namun karena belas kasihan terhadap orang yang lemah.

Marketing dan Penjualan

Pada tips berikutnya, Eric akan fokus pada marketing dan penjualan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ayo tetap fokus dan praktekan tips-tips berikut!

21. Sebarkan Melalui Facebook Group

Tidak ada gunanya apabila produk atau jasa yang kita tawarkan tersembunyi didalam kuburan. Kita perlu menyebarluaskan produk yang kita tawarkan ke sebanyak mungkin orang. Bukan menyebarkan ke sebanyak mungkin orang, namun juga ke orang-orang yang tepat! Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan komunitas yang sudah ada. Eric sering kali menggunakan Facebook Group untuk membantu memasarkan produk yang Eric jual. Contoh: Sekarang ini Eric berjualan SMOOTH Cooking Spray, untuk strategi penjualan Eric dapat melakukan:
  1. Bergabung ke sebanyak mungkin Facebook Group dengan topik memasak, kesehatan atau komunitas fitness.
  2. Membuat design gambar atau video yang menjelaskan tentang kelebihan produk SMOOTH.
  3. Melakukan posting 1x setiap pagi hari pada masing-masing Facebook Group. Eric juga mencantumkan no whatsapp, alamat website dan link instagram pada setiap postingan.
  4. Membalas setiap comment-comment yang ada pada Facebook Group tesebut dalam postingan kita.
  5. Lakukan secara rutin, namun juga bervariasi. Jika monoton, maka lama-kelamaan member-member facebook group tersebut akan bosan.
Cukup mudah kan? Ayo coba praktekan dan sebarkan bisnis Anda seluas mungkin!

22. Respons  Cepat Dengan Whatsapp Business - Gratis!

Respons yang lambat adalah salah satu penyebab customer mundur dan tidak jadi untuk membeli produk Anda. Ingat! Sama halnya dengan memancing, Anda perlu dengan cepat menarik kail ketika pelampung sudah naik-turun. Jika kita terlambat 1-2 menit saja, maka ikan yang hendak kita pancing sudah pergi dari umpan kita. Respons yang cepat juga menunjukan tingkat kepercayaan yang tinggi. Jika Anda customer yang ingin membeli online, pasti Anda juga mengharapkan balasan Whatsapp yang cepat kan? Permasalahanya, tidak semua orang bisa 100% siap untuk membalas pertanyaan customer kapanpun dan dimanapun. Solusi yang Eric gunakan adalah dengan menggunakan Whatsapp Business! Whatsapp Business memiliki fitur untuk menjawab dengan automation (menjawab otomatis). Ketika ada customer yang bertanya melalui Whatsapp, secara otomatis customer akan mendapatkan balasan dari Whatsapp Business Anda. Contohnya: Customer: "Malam pak. Saya ingin membeli produk SMOOTH. Berapa harganya ya?" Whatsapp: "Hai! Selamat datang di Whatsapp SMOOTH. Customer service kami akan segera melayani Anda dalam beberapa menit. Sambil menunggu, Anda dapat melihat-lihat Instagram SMOOTH di https://www.instagram.com/smoothindonesia untuk mengetahui lebih lagi tentang harga produk, cara penggunaan dan jenis-jenis masakan." Auto response dapat Anda aktifkan dalam waktu tertentu. Contohnya, Eric bekerja pada waktu jam 10.00 sampai 18.00. Pada jam kerja, Eric dapat membalas dengan cepat. Diluar jam kerja, Eric tidak selalu bisa melakukan response cepat. Auto-response hanya Eric aktifkan diluar jam kerja - setelah jam 18.00 sampai 10.00. Dengan demikian, customer dapat menerima jawaban otomatis diluar jam kerja Eric.

23. Sebut Nama Customer 10x

80% keputusan membeli atau tidak, dipengaruhi oleh alam bawah sadar. Gunakan 3 tips yang ada pada pada video dibawah ini. Subscribe: https://youtu.be/k0uEv_O0F8U

24. Manfaatkan Whatsapp Story dan Whatsapp Broadcast

Whatsapp Story akan tampil kepada setiap orang yang menyimpan kontak whatsapp Anda di handphone mereka. Siapakah mereka yang menyimpan kontak Whatsapp Anda? Pastinya orang yang tertarik membeli produk Anda atau orang yang sudah membeli produk Anda. Apa yang bisa Anda lakukan? Bagaimana memanfaatkan Whatsapp Story untuk menarik calon pembeli? Bagaimana membuat para pembeli melakukan pembelian ulang?
  • Posting paket promo yang ada untuk bulan ini
  • Posting testimoni-testimoni customer yang sudah menggunakan produk Anda
  • Posting produk-produk Anda yang sudah rapi dipacking dan siap dikirim - untuk meningkatkan kepercayaan (TRUST)
  • Posting produk Anda dengan design menarik untuk mengingatkan kembali para pembeli tentang produk Anda
  • Dll
Manfaatkan juga Whatsapp Broadcast. Anda bisa langsung broadcast ke 256 kontak sekaligus. Tips untuk Whatsapp Broadcast:
  • Jangan terlalu sering - 1 minggu sekali agar tidak mengganggu.
  • Kata-kata tidak terlalu panjang. Lebih baik singkat, jelas, padat dari pada terlalu panjang namun tidak dibaca. Ingat! Target pertama adalah membuat customer membalas Whatsapp Broadcast Anda. Jika terlalu panjang, maka jarang juga dibalas. Jika kata-kata singkat saja, maka mereka akan membalas bertanya lebih lagi sehingga timbul pembicaraan dengan customer.
  • BTambahkan gambar atau video dalam broadcast Anda. Rata-rata penerima lebih suka jika menerima gambar atau video yang menarik, dari pada sekedar kata-kata saja.

25. Lakukan Telemarketing

Menghubungi customer untuk membeli produk kita adalah salah satu senjata yang sangat efektif. Tentu saja ada orang yang nyaman dan kurang nyaman bila menerima telepon dari perusahaan kartu kredit atau asuransi. Lalu bagaimana caranya agar tidak menggangu customer? Gunakan telemarketing sebagai senjata terakhir! Whatsapp calon-calon pelanggan terlebih dahulu. Mungkin dari 100 calon-calon pelanggan, ada 50 orang yang tidak minat, 30 orang yang ada sedikit minat dan 20 orang yang sangat berminat. Gunakan telemarketing untuk 20 orang yang sangat berminat! Tanyakan terlebih dahulu melalui Whatsapp "Apakah bisa Eric hubungi pukul 13.00 agar bisa menjelaskan lebih detail?" Jika customer sudah oke, maka Anda bisa menghubungi customer tersebut dan melakukan penawaran melalui telepon. Dengan demikian, customer akan merasa lebih nyaman saat menerima panggilan telepon dari kontak Anda. Bagaimana jika customer belum terlalu berminat ketika sudah ditelpon? Jangan dipaksa! Jika insting Anda mengatakan bahwa orang ini belum mantap untuk membeli, Anda dapat menawarkan "Bagaimana kalau coba dipertimbangkan dahulu, kemudian besok lusa saya telepon kembali untuk mengetahui keputusan bapak/ibu?" Siap menerima banyak orderan? Ayo kuasai senjata telemarketing ini!

26. Paid Promote di Instagram

Sudah sering dengar paid promote? Bagaimana cara menjalankanya? Contohnya, Jika Eric berjualan SMOOTH Cooking Spray:
  1. Eric akan mencari akun Instagram yang memiliki follower 50K+, 500K+ atau 1jt keatas dengan tema memasak atau kesehatan.
  2. Eric akan menghubungi melalui Whatsapp atau Line yang tersedia di halaman depan akun Instagram mereka.
  3. Eric akan meminta mereka untuk melakukan posting video atau gambar produk SMOOTH di instagram mereka.
  4. Sebagai imbalanya, Eric akan membayar biaya "Paid Promote" kepada mereka. Ada yang meminta Rp100.000, ada juga yang meminta Rp1.000.000
  5. Cukup mudah kan?
Yang penting disini adalah ROI atau Return of Investment. Apakah 2 hari kedepan setelah melakukan paid promote penjualan melonjak sesuai harapan? Apakah keuntungan dari kenaikan penjualan lebih besar dari pada biaya paid promote? Contoh:
  • Jika Anda menjual tas seharga Rp300.000.
  • Harga pokok tas Anda seharga Rp200.000, jadi keuntungan kasar dari tas Anda adalah Rp100.000
  • Setelah melakukan paid promote sebesar Rp300.000, penjualan tas Anda meningkat sebesar 5 tas.
  • Keuntungan dari 5 tas adalah Rp500.000 (Rp100.000 X 5) > Biaya paid promote Rp300.000. Dengan demikian, paid promote Anda mendapatkan keuntungan Rp200.000
Sebelum Anda melakukan paid promote, pastikan Anda mempunyai ekspektasi penjualan. Berapa penjualan minimum yang harus dicapai untuk bisa balik modal dari biaya paid promote? Berapa keuntungan maksimal yang diharapkan? Pastikan bahwa perputaran uang Anda tetap positif!

Salam Sukses!

0 comments

Leave a comment


Sale

Unavailable

Sold Out